PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh mata pelajaran Fiqih, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah tahun 2013.
2. Setiap sub pelajaran berisi : kompetensi inti, kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian KD, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
3. Pada sub pelajaran tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal ini disebabkan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran pada sub pelajaran sebagai berikut:
a. Insya Allah Aku Bisa : tantangan agar peserta didik bisa melakukannya.
b. Hati-hati : pernyataan perhatian pada peserta didik untuk selalu melakukan atau menghindari.
c. Ayo Menjawab : kegiatan yang harus peserta didik kerjakan untuk memahami materi.
d. Tugasku : kegiatan yang harus peserta didik kerjakan di rumah untuk interaksi antara guru dengan orang tua.
5. Pada setiap pelajaran di buku teks pelajaran peserta didik di dorong untuk memperhatikan kolom-kolom sebagai berikut:
a. Rangkuman : ringkasan materi untuk memudahkan pemahaman peserta didik dalam pelajaran.
b. Hikmah : ajakan kepada peserta didik untuk merenungkannya.
c. Ayo Berlatih dan Tentukan Sikapmu : menguatkan peserta didik agar dapat mewujudkan pengetahuan dan perilaku.
Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan di masing-masing madrasah.
Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Fikih Kelas I (satu) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 edisi Tahun 2014 di bawah ini.
No comments:
Post a Comment