Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai siswa melalui buku ini adalah:
A. Semester 1
1.1 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui kalimat thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
1.2 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui asmaul husna al-‘Adhim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.
1.3 Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah swt. dan tugas-tugasnya.
1.4 Menerima nilai-nilai sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat.
1.5 Menerima ketentuan patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
1.6 Menerima manfaat dan hikmah menghindari durhaka kepada orang tua.
2.1 Membisakan diri mengucapkan kalimah thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-‘Adhim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.
2.3 Mencontoh para Malaikat dalam ketaatannya kepada Allah swt.
2.4 Memiliki sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki akhlakul karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
2.6 Memiliki sikap menghindari durhaka kepada orang tua.
3.1 Mengetahui kalimat thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik).
3.3 Menjelaskan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.
3.4 Memahami sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Menjelaskan kisah Nabi Ismail A.s. sebagai bentuk sikap taat dan patuh terhadap orang tua.
3.6 Menjelaskan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan’an.
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah (Subhanallah, Masya Allah) dan maknanya.
4.2 Melafalkan al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik) dan artinya.
4.3 Menceritakan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.
4.4 Menunjukkan contoh sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyimulasikan akhlak karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail A.s.
4.6 Menyimulasikan kisah Kan’an sebagai bentuk cara menghindari sikap durhaka kepada orang tua.
A. Semester 1
1.1 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui kalimat thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
1.2 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui asmaul husna al-‘Adhim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.
1.3 Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah swt. dan tugas-tugasnya.
1.4 Menerima nilai-nilai sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat.
1.5 Menerima ketentuan patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
1.6 Menerima manfaat dan hikmah menghindari durhaka kepada orang tua.
2.1 Membisakan diri mengucapkan kalimah thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-‘Adhim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.
2.3 Mencontoh para Malaikat dalam ketaatannya kepada Allah swt.
2.4 Memiliki sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Memiliki akhlakul karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
2.6 Memiliki sikap menghindari durhaka kepada orang tua.
3.1 Mengetahui kalimat thayyibah (Subhanallah, Masya Allah).
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik).
3.3 Menjelaskan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.
3.4 Memahami sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
3.5 Menjelaskan kisah Nabi Ismail A.s. sebagai bentuk sikap taat dan patuh terhadap orang tua.
3.6 Menjelaskan sikap durhaka kepada orang tua melalui kisah Kan’an.
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah (Subhanallah, Masya Allah) dan maknanya.
4.2 Melafalkan al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik) dan artinya.
4.3 Menceritakan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.
4.4 Menunjukkan contoh sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyimulasikan akhlak karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail A.s.
4.6 Menyimulasikan kisah Kan’an sebagai bentuk cara menghindari sikap durhaka kepada orang tua.
B. Semester 2
1.1 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui kalimat tayyibah (Ta’awudz).
1.2 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.
1.3 Meyakini adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
1.4 Menerima sikap rukun dan tolong-menolong.
1.5 Menyadari manfaat dan hikmah dari akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari hari.
2.1.Terbiasa membaca kalimat tayyibah misalnya Ta’awwudz
2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.
2.3 Memiliki sikap positif terhadap adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
2.4 Memiliki sikap rukun dan tolong menolong.
2.5 Memiliki akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah misalnya Ta’awudz.
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar).
3.3 Menjelaskan adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
3.4 Memahami sikap rukun dan tolong-menolong.
3.5 Memahami akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah misalnya Ta’awuz dan maknanya.
4.2 Melafalkan al-Asma’ al-Husna (al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar) dan artinya.
4.3 Menceritakan makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
4.4 Menyimulasikan sikap rukun dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyimulasikan akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III (tiga) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016 berikut ini.
1.1 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui kalimat tayyibah (Ta’awudz).
1.2 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.
1.3 Meyakini adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
1.4 Menerima sikap rukun dan tolong-menolong.
1.5 Menyadari manfaat dan hikmah dari akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari hari.
2.1.Terbiasa membaca kalimat tayyibah misalnya Ta’awwudz
2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.
2.3 Memiliki sikap positif terhadap adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
2.4 Memiliki sikap rukun dan tolong menolong.
2.5 Memiliki akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah misalnya Ta’awudz.
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar).
3.3 Menjelaskan adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
3.4 Memahami sikap rukun dan tolong-menolong.
3.5 Memahami akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah misalnya Ta’awuz dan maknanya.
4.2 Melafalkan al-Asma’ al-Husna (al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar) dan artinya.
4.3 Menceritakan makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).
4.4 Menyimulasikan sikap rukun dan tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyimulasikan akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III (tiga) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016 berikut ini.
No comments:
Post a Comment