PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Sejarah Kebudayaan
Islam, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka
Kurikulum 2013.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan
Pembelajaran, Materi Pokok, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial,
Interaksi guru dengan orang tua.
3. Pada sub bab tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak
berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan rubrik-rubrik yang
terdapat dalam Buku Teks Siswa SKI Kelas 3, sehingga perhatian peserta didik
menjadi fokus. Rubrik-rubrik tersebut adalah:
Kegiatan: berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami
materi.
Insya Allah Aku Bisa: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan dilakukan
peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Berhati-hatilah: berisi sikap atau perilaku yang diharapkan tidak dilakukan
peserta didik terkait dengan pesan / amanat dalam pembelajaran bermakna.
Hikmah: berisi pernyataan untuk memperkuat pemahaman konsep, penekanan
sikap, atau penguatan keyakinan peserta didik yang berupa mutiara hikmah,
maqalah, hadits, atau ayat.
Rangkuman: berisi poin-poin penting dalam pembelajaran.
Ayo berlatih: berisi soal-soal untuk mengukur penguasaan peserta didik
terhadap materi yang dibahas.
Tugasku: berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik di rumah.
Rubrik Ayo bernyanyi dan Ayo bershalawat: untuk penguatan pembelajaran
yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik.
Dalam pelaksanaannya di madrasah sangat mungkin dilakukan pengembangan yang
disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.
Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan print (cetak) atau download (unduh) gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III (tiga) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016 di bawah ini.
No comments:
Post a Comment