Buku Guru : Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU


Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:

1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.

2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.

3. Ada pelajaran tertentu yang hanya memuat satu materi ajar. Hal ini disebabkan karena sempitnya materi pembelajaran.

4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:

a. Amati gambar dan perhatikan: pengantar singkat berupa narasi yang menarik tentang tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambar-gambar.

b. Penasaran: berisi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi.

c. Buka Cakrawalamu: berisi materi pembahasan.

d. Kembangkanlah Wawasanmu: berupa tugas kegiatan atau pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan peserta didik.

e. Refleksi: merupakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali materi dan juga untuk mengembangkan materi untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk saat ini.

f. Ayo Berlatih: berisi latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan.

g. Rangkuman: berisi rangkuman penting dari materi yang telah diuraikan.

h. Mutiara Hikmah: berisi ajakan kepada peserta didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut dapat disesuaikan dengan situasi sekolah.

Silakan klik tombol hitam yang ada di pojok kanan atas buku untuk dapat melakukan cetak (print) atau download gratis atas Buku Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2016 berikut ini.

No comments:

Post a Comment