Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2024/2025

masa taaruf siswa madrasah matsama min 1 gresik tahun pelajaran 2024/2025

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA)
 adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Kegiatan MATSAMA MIN 1 Gresik tahun pelajaran 2024/2025 dilaksanakan selama 4 hari sejak 15 hingga 18 Juli 2024.


116 peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025 yang terbagi dalam 4 kelompok diajak untuk mengenal lebih jauh madrasah yang akan menjadi tempat mereka menuntut ilmu selama 6 tahun mendatang. Mereka diperkenalkan dengan seluruh aspek madrasah mulai dari Kepala Madrasah, Guru, Pegawai, hingga seluk beluk ruangan yang ada di MIN 1 Gresik. 


Selanjutnya mereka juga mendapat materi tentang Tata Tertib dan Budaya Madrasah, Budaya Anti Kekerasan, Pengenalan Pancasila, Moderasi Beragama, dan Toleransi Beragama. Materi-materi tersebut disampaikan oleh para guru dengan cara yang mudah dipahami anak-anak seperti melalui lagu dan cerita.


Peserta MATSAMA juga diajak berkompetisi melalui Ajang Kreasi Topi Unik. Mereka dituntut untuk mampu bekerjasama dengan orang tua masing-masing menciptakan desain topi seunik dan seindah mungkin yang harus mereka pakai di hari terakhir MATSAMA.


Selain pengumuman pemenang Ajang Kreasi Topi Unik, di hari terakhir MATSAMA juga diumumkan nama-nama peserta terbaik dari masing-masing kelompok. Para juara ini mendapatkan piagam dan hadiah dari Panitia Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MIN 1 Gresik Tahun Pelajaran 2024/2025.

No comments:

Post a Comment