Ingin Sukses di Wattpad? Ikuti 3 Tips dan Trik Dari Guru Sekaligus Penulis Ini!

Assalamu'alaikum. Halo, perkenalkan nama saya Zaimatul Hurriyyah, S.Pd. Saat ini saya mengajar di MIN 1 Gresik sebagai guru kelas. Meskipun pekerjaan utama saya sebagai seorang guru, saya juga memiliki pekerjaan sampingan sekaligus hobi sebagai penulis. Saat ini saya memiliki 85 ribu pengikut di platform Wattpad. Saya dikenal dengan nama pena Zaeem.

Pada platform tersebut, saya menuangkan imajinasi saya secara konsisten sehingga cerita saya mampu menarik perhatian para pembaca. Salah satu novel karangan saya yang paling populer berjudul I am in Danger karena telah dibaca lebih dari 30 juta kali dan berhasil terjual ribuan eksemplar.

Pengalaman-pengalaman kepenulisan di platform Wattpad tentu menjadi salah satu pengalaman paling berkesan di hidup saya sehingga saya ingin membagikan beberapa tips dan trik yang saya gunakan untuk mendapatkan banyak pengikut dan memiliki basis pembaca yang loyal. Yuk, simak baik-baik!

Pertama, saya memperbanyak pengetahuan tentang kepenulisan dengan konsisten membaca karya-karya penulis lain yang sudah terkenal, memahami bagaimana cara mereka membuat penokohan dan menata alur cerita. Saya juga mengamati bagaimana penggunaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dalam karya-karya mereka serta bagaimana cara mereka menyusun kalimat agar enak dibaca dan tidak monoton. 

Setelah membekali diri dengan ilmu kepenulisan, saya membuat judul yang menarik dan menyusun blurb cerita yang mampu membuat para pembaca penasaran dengan isi cerita yang saya buat.

Kedua, saya membuat kerangka cerita dari awal hingga akhir dan membaginya ke dalam beberapa bab, lalu konsisten mengunggahnya di platform Wattpad. 

Tenang saja! Jika karyamu belum memiliki pembaca, jangan bersedih dan putus asa! Anggap saja platform Wattpad sebagai wadah untuk mengasah kamampuanmu. Oh, iya! Jangan lupa menyisipkan pesan moral ke dalam cerita agar karya kalian bisa bermanfaat bagi pembaca.

Ketiga, jawablah komentar-komentar pembaca untuk menjalin kedekatan dengan mereka. Selain itu, menjawab komentar-komentar di platform Wattpad juga bisa menaikkan algoritma cerita yang kita buat sehingga bisa terpampang di beranda pembaca-pembaca lain. Dengan begitu cerita kita mendapat lebih banyak exposure dan menjangkau lebih banyak pembaca.

Itulah 3 tips dan trik yang saya gunakan untuk mendapatkan banyak pengikut di Wattpad. Meskipun membutuhkan waktu dan usaha, dengan konsistensi dan strategi yang tepat, siapa pun bisa meraih kesuksesan di platform ini. Selamat menulis, dan semoga cerita-ceritamu juga bisa menarik banyak pembaca dan pengikut!

No comments:

Post a Comment