Aksi Bebersih Lingkungan Madrasah Dalam World Cleanup Day Indonesia 2024

min 1 gresik turut berpartisipasi dalam gerakan bersih-bersih lingkungan sekolah peringatan world cleanup day 2024

Aksi bersih-bersih lingkungan pada peringatan World Clean Up Day (WCD) 2024 tidak hanya dilakukan di Indonesia melainkan serentak di seluruh dunia pada setiap bulan September. WCD Indonesia mengajak seluruh sekolah/madrasah di penjuru negeri untuk menyingsingkan lengan baju dalam gerakan bebersih di lingkungan masing-masing. 

MIN 1 Gresik sebagai Sekolah Adiwiyata juga turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan kegiatan Aksi Bebersih Lingkungan Madrasah pada Jum'at, 27 September 2024. Tujuannya adalah untuk menanamkan jiwa peduli terhadap lingkungan sejak dini pada peserta didik.

Seluruh keluarga besar MIN 1 Gresik (peserta didik, guru, dan pegawai) terlibat dalam aksi mulia ini. Seluruhnya bahu-membahu bersama-sama melaksanakan kegiatan bebersih lingkungan di dalam dan sekitar madrasah. 

Kegiatan tersebut dikoordinasi oleh Tim Adiwiyata MIN 1 Gresik dengan membagi peserta aksi dalam beberapa kelompok dengan tugas spesifik: menyapu halaman madrasah, memungut sampah, membersihkan selokan, membersihkan ruang kelas, membersihkan kamar mandi, merawat sumur resapan, hingga melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik.

Selama melakukan aksi bersih-bersih, terlihat suasana akrab antara guru, pegawai dan peserta didik. Nuansa kebersamaan antar warga madrasah begitu kental terasa. 

Melalui aksi ini diharapkan menjadi momentum kesadaran dan kepedulian keluarga besar MIN 1 Gresik terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan yang mereka tinggali. Tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, aksi ini juga mengajarkan pada siswa nilai-nilai kebersamaan dan tanggung jawab. [LUK]

No comments:

Post a Comment