Siswi MIN 1 Gresik Raih Juara 3 Lomba Menulis Surat Untuk Bupati Gresik

siswi min 1 gresik berhasil menjadi juara 3 lomba menulis surat untuk bupati

Alyaa Khaliqa Dzahin, siswi MIN 1 Gresik, berhasil menjadi juara 3 dalam event GLIS (Gebyar Literasi Ilmiah dan Sastra) jenjang SD/MI tingkat kabupaten Gresik yang diadakan oleh Dinas Pendidikan kabupaten Gresik.

Alyaa melaju ke final lomba Menulis Surat Untuk Bupati yang dilaksanakan pada 12 September 2024 di aula Ainul Yaqin kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik setelah suratnya untuk bupati Gresik tentang banjir di perumahan Oma Indah Menganti mendapat respon positif dari Dewan Juri dan lolos babak penyisihan.

Di babak final para peserta meyaksikan tayangan video tentang keindahan alam dan potensi wisata yang ada di kabupaten Gresik. Mereka diminta untuk menulis surat kepada bupati Gresik tentang harapan-harapan mereka tentang hal tersebut.

Dalam pendahuluan surat itu, Alyaa menyapa bupati Gresik, Gus Yani, memperkenalkan diri sembari mengutip perkataan dari Pramoedya Ananta Toer yang berbunyi, "Orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama tidak menulis, dia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Menulis bekerja untuk keabadian."

Di bagian isi surat, Alyaa juga mengungkapkan isi hatinya tentang materi yang disediakan oleh dewan juri dan merangkainya menjadi jajaran paragraf yang indah.  Tentu saja tak lupa ia juga menyisipkan harapan kepada Gus Yani sebagai pemimpin kabupaten Gresik.

Di akhir surat, Alyaa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gus Yani karena telah banyak berkontribusi untuk kemajuan kabupaten Gresik. Tak lupa juga ia menyampaikan permohonan maaf apabila ada salah kata dalam kalimat-kalimat yang ia tulis karena sejatinya ia hanyalah insan yang maaih dalam proses bertumbuh. Kemudian di akhir kalimat, ia mengucapkan salam lalu membubuhkan sebuah tanda tangan cantik di atas namanya. [ZAEEM]

No comments:

Post a Comment